Jumat, 23 Mei 2014

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus


Kesal gak kalau data yang penting gak sengaja kehapus? Padahal data tersebut data penting yang berupa foto, musik, video, dokumen penting atau apalah yang intinya itu penting. Tenang aja masih ada solusinya kok.

Ada beberapa cara untuk mengembalikan data yang terhapus tersebut, tapi data yang ingin dikembalikan tidak bisa seutuhnya kembali. Tergantung dari kondisi dan keadaan. Okee langsung aja..

1. Terhapus ke Recycle Bin


Jika keadaannya masih gini itu gak masalah, cukup dengan me-restore data dari Recycle Bin. Caranya:
- Buka Recycle Bin.
- Kemudian klik kanan data yang ingin dikembalikan
- Lalu pilih restore
- Dan pasti datanya akan kembali ke tempat dimana data tersebut dihapus


2. Terhapus dari Recycle Bin


Nah kalo keadaannya kayak gini udah kita harus minta bantuan software. Ada dua software yang biasa saya gunakan yaitu Ease Us Data Recovery dan Recuva, tetapi yang lebih sering saya gunakan adalah EaseUs.
Nah cara penggunaannya seperti apa, okee perhatikan baik-baik..
- Pertama Sedot dulu salah satu softwarenya EaseUs Data Recovery atau Recuva
- Setelah itu install software yang dipilih (gampang kan caranya nginstall, tinggal next.. next sambil tutup mata)

A. Untuk EaseUs Data Recovery :

1. Pilih "Complete Recovery"

2. Nah untuk yang ini terserah kalian, jika kalian maunya semua data direcovery ya pilih "All types". Tapi kalo semisal pinginnya cuma gambar aja ya pilih "Graphic". Begitu juga yang lain

3. Lalu pilih direktori mana yang mau di recovery, saya ambil contoh dari flashdisk saya

4. Setelah meng-klik Next maka software akan mencari data yang hilang

5. Lalu cari data yang ingin direcovery, setelah itu centang. Setelah semua data yang ingin direcovery dicentang klik Recover

6. Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang diharuskan memasukkan Serial Number. Copykan saja Serial Number yang berada di satu folder dengan aplikasi EaseUs

7. Nah, langkah selanjutnya adalah memilih di direktori mana hasil recovery disimpan
Catatan : Data yang ingin direcovery tidak boleh disimpan didalam direktori yang sedang direcovery, misal direktori F sedang direcovery maka tempat peyimpanan hasil recovery tidak boleh didirektori F

8. Alhasil data yang tadinya hilang atau terhapus kini kembali lagi

B. Untuk Recuva :

1. Jangan lupa saat menginstall centang tulisan "Do not show this Wizard on startup"


 2. Sama seperti EaseUs pilih file yang hanya ingin direcovery

3. Klik browse lalu pilih direktori yang ingin direcovery

4. Misal Flashdisk saya lagi yang bernama UNNAME

5. Saat muncul seperti ini jangan lupa centang tulisan "Enable Deep Scan"

6. Dan ini proses pencarian data

7. Nah ada sedikit catatan disini jika File berwarna hijau berarti masih bisa dikembalikan tapi beda lagi kalo file berwarna merah maka file tersebut sudah tidak bisa dikembalikan. Dan disini saya akan merecovery file yang berformat lagu

8. Pilih tempat untuk menyimpan file recovery

9. Ga perlu lama lagu nya akan muncul di folder tempat kita menyimpan tadi

2. Keformat


Jika yang kalian alami kayak gini, mungkin akan sangat sulit untuk mengembalikan data kalian. Namun, ga ada salahnya mencoba menggunakan beberapa software khusus untuk kasus yang satu ini. Salah satunya adalah "Get Data Back" yang bisa kalian sedot softwarenya Disini.

"Media penyimpanan yang telah mengalami format lebih dari sekali sejak data tersebut terhapus akan sangat lebih susah untuk dikembalikan".

Untuk yang ini saya mohon maaf tidak bisa memberi tutorialnya, karena saya sendiri belum pernah mengalaminya hehe. Tapi kenapa saya mencari referensi tentang hal ini karena saya punya temen yang mengalami hal ini, jadi barangkali apa yang saya tulis disini bisa bermanfaat bagi orang lain apalagi untuk saya yang belum pernah mengalaminya, supaya nantinya saya tidak kebingungan jika hal ini terjadi kepada saya (kok malah curhat? ahh masa bodo, penting posting)


Bye..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar